Mengapa Rasa Bosan Bisa Muncul Tiba-Tiba?? Ayo Disimak!!

Posted by Unknown Selasa, 30 September 2014 0 komentar
Blog Pengetahuan - Penyebab munculnya rasa bosan - Bosan? Sepertinya setiap orang pernah mengalami hal yang satu ini. Apakah Anda pernah merasa bosan menjalani hidup Anda?? Ya, kalau pernah berarti Anda masih normal :D. Saya juga pernah mengalami rasa bosan, terutama pada saat saya menulis artikel ini. Cerita sikit ni yaa, siapa tahu Anda juga mengalami hal yang sama ^^

Saya bosan dengan perkuliahan saya. Kebutulan saya kuliah di jurusan psikologi. Pada awalnya sih saya tertarik ni dengan psikologi, karena yang pertama dipikiran saya psikologi ni bisa membaca bahasa tubuh orang lain, terus bisa ngetes -ngetes orang lain, sama satu lagi bisa belajar hipnosis hehe.. Ini yang ada dibayangan saya ya

Ternyata, apa yang saya bayangkan itu sampai sekarang belum saya dapatkan. Sekarang saya berada di semester 5 dan sampai sekarang saya belum bisa memahami bahasa tubuh orang lain, saya belum bisa ngetes--ngetes orang lain, dan saya belum bisa belajar hipnosis.

Karena apa?? karena tidak ada pelajaran khusus yang mempelajari itu semua. Semuanya hanya berupa teori dan tugas. Ada sih beberapa praktek, itupun baru-baru saja di semeter 4 dan 5 ini saya dapatkan. Mungkin terdengar sedikit aneh apa yang saya bayangkan yaa. Tapi namanya juga bayangan, pastinya kan belum jelas arah-arahnya hehe..

Saya jalanin lah perkuliahan saya di jurusan psikologi. Sampailah sekarang di semeter 5 dan rasa bosan itu muncul dengan sendirinya. Padahal, sebelumnya saya masih menikmati aktivitas perkuliahan saya.

Gak tau kenapa di semester 5 ini rasa bosan itu muncul dengan sendirinya. Mungkin yang pertama karena dosen pengajarnya yang itu-itu aja dengan cara mengajar yang sama dan tidak ada perubahan sama sekali. Yang kedua mungkin karena banyaknya tugas yang diberikan oleh dosen. Yang ketiga, mungkin bisa jadi karena saya-nya yang kurang rajin membaca tentang dunia psikologi, sehingga tidak ada hal baru yang saya dapatkan.





Apakah Sebenarnya Rasa Bosan Itu dan Mengapa Bisa Muncul??


Bosan bisa dibilang suatu kondisi emosi dimana individu merasa tidak ada hal yang baru dalam hidupnya. Hal ini bisa terjadi karena hilangnya minat, kurangnya support dari orang luar, kurangnya motivasi dalam diri sendiri.

Hilangnya minat. Minat merupakan rasa ketertarikan terhadap suatu hal. Seperti cerita saya tadi di atas. Awalnya minat saya masuk psikologi besar, lama-kelamaan minat itu perlahan hilang. Karena runtinitas yang tiap hari saya lalui itu-itu aja. Dosen yang saya jumpai juga itu-itu aja. Hampir tiap hari yang saya dapat cuma teori dan tugas. 

Kurangnya motivasi dalam diri sendiri. Karena minat tadi sudah hilang, ditambah lagi dari diri sendiri gak punya motivasi/dorongan untuk mencari hal-hal baru, lengkaplah sudah. Dijaminlah rasa bosan itu terus menghantui kita. Ya, kek saya ini. Minat saya terhadap psikologi sekarang sudah mulai berkurang, ditambah lagi saya malas mencari refrensi-refrensi yang bisa membuat saya tertarik lagi dengan psikologi. 

Kurangnya support dari luar. Support/dukungan ini bisa datang dari orang tua atau teman kita. Kalau kita punya teman aktif yang mau diajak berdiskusi, pastilah rasa bosan itu gak akan muncul. Karena di setiap diskusi pasti kan ada permasalahan yang akan di bahas dan pasti ada bermacam-macam pandangan dari orang lain. Dan ini juga dapat menambah pengetahuan kita. Karena yang awalnya pikiran kita A, mungkin pikiran orang lain B. Nah, mengapa pikiran orang lain tadi bisa tidak sama dengan kita?? Kan jadinya asik gitu. Ada perdebatan hhe.. 

Terus kalau dari orang tua, dukungannya tidak mesti hanya berupa finansial, orang tua kan bisa aja menanyakan kepada anaknya gimana kuliahnya, apa aja yang dipelajari, kalau hal ini disebabkan karena apa yaa. Ada gitu pertanyaan-pertanyaan yang bisa membuat kita berfikir. Karena salah satu penyebab rasa bosan karena kita malas berfikir. Dengan diberikan pertanyaan-pertanyaan, setidaknya kita kan berusaha menemukan jawaban dari pertanyaan tadi.

Jadi, sekarang jika rasa bosan itu tiba-tiba muncul dalam diri kita, coba cari tahu terlebih dahulu mengapa kita bisa bosan? Apa-apa saja penyebabnya? Setelah kita mengetahuinya, bagaimana cara kita untuk menghilangkannya? Karena rasa bosan tidak selamanya datang dari luar, bisa jadi karena cara berfikir kita yang membuat rasa bosan itu muncul sendiri. Ayoo temukan dan hilangkan rasa bosan dalam diri kita!!

Kira-kira seperti itulah menurut saya mengapa rasa bosan tadi dapat muncul. Bagaimana menurut Anda?? Pernahkah Anda dilanda rasa bosan?? Ayoo cerita di bawah yaa hhe..
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Mengapa Rasa Bosan Bisa Muncul Tiba-Tiba?? Ayo Disimak!!
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://luckyslacker.blogspot.com/2014/09/mengapa-rasa-bosan-bisa-muncul-tiba.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

credit for cara membuat email - Copyright of Blog Pengetahuan.